Skip to main content

Anak 10 Tahun ini telah hafal Al Qur'an 30 Juzz, Kitab Al-Fiyah, Kitab Bulughul Marom, dan Kitab Durrotun Nasihin

Bisma semakin populer dikalangan para santri sekarang karena adanya prosesi penyerahan Kitab secara Simbolis oleh K.H. Makruf Amin dalam Puncak Acara Hari Santri Nasional tanggal 22 Oktober 2017 di GOR Sidoarjo kepada putra dari Bapak Ismail dan Ibu Etik itu. Dia mendapatkan penghargaan langsung dari Ulama' karena diusia 10 tahun sudah mampu menghafal Al-Qur'an 30 juz, Al Fiyah, Bulughul marom, durrotun Nasihin

Nama lengkapnya Roja Muhammad Bisma Rahmatullah, ini lahir di Kota Gresik Jawa Timur (10 april 2007). Tapi sekarang Bisma dan keluarganya tinggal di Gedangan Sidoarjo.

Pada dasarnya tidak ada yg istimewa, sejak didaftarkannya di pondok pesantren Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Anak (PTYQA) Yayasan Arwaniyyah Desa Krandon Kecamatan Kota Kabupaten Kudus Jawa pada pertengahan Tahun 2013 oleh kedua orang tuanya. Nampak seperti santri pada umumnya, pada saat itu Bisma tengah berusia usia 7 tahun.

Setahun di pesantren Bisma berhasil menghafalkan Al-Qur’an 30 Juz pada 12 Februari 2015 dan menjadi perserta wisudawan termuda.

Setahun kemudian tepatnya Bisma berumur 9 tahun dia berhasil menghafalkan Alfiyah Ibnu Malik dan kitab hadits Bhulugul Maraam. Setahun kemudian Bisma kecil kembali menghafalkan kitab klasik Dzurratun Nashihin.

Kini Bisma sudah dikenal sebagai ulama muda, tepat pada 22 Oktober 2017 pada perayaan puncak Hari Santri Nasional di GOR Delta Sidoarjo, Bisma mendapatkan hadiah dari pencapainya tersebut. Nama Bisma disebut sebagai santri produktif yang diberi kenang- kenangan secara langsung oleh Cucu Syeikh Nawawi Jawi al Banteni KH. Makruf Amin sebuah kitab Tafsir Al-Munir maha karya syeikh Nawawi al Banteni. Tepuk tangan dan rasa kagum para ulama kepada Bisma sampai mencucurkan air mata. “Saya berharap anak ini juga mampu untuk menghafal al Munir ini, bila dia sanggup maka insya allah dia akan menjadi ulama hebat, karena belum ada di Indonesia yang seperti anak ini (Bisma)”. Seru KH. Makruf Amin pada sambutan pembagian cindra mata.
Bisma adalah anak pertama dari dua bersaudara adiknya bernama Alimudin Sa’idullah. Keduanya lahir dari pasangan Bapak Isma’il dan Ibu Etik. Kedua orang tuanya bukanlah dari background hafidz atau hafidzah akan tetapi keinginan untuk mempunyai putra putri penghafal al Qur’an adalah impian keduanya.

Menurut ust. Yusrul Muna Kegiatan luar Bisma sama dengan santri pada umumnya yaitu berziarah ke makam KH.Arwani Amin (Pendiri Ponpes Arwaniyyah) dan Sunan Ja’far Shodiq (Sunan Kudus). Bisma juga termasuk 12 siswa yang dia bimbing.

Kader ulama telah hadir dengan nama Bisma, selain mengharumkan nama Sidoarjo dan Jawa Timur akan, tetapi bisma juga mengharumkan nama Santri. Ini adalah bukti nyata bahwa keberadaan pesantren mampu menjadikan perubahan bangsa yang lebih baik.

Sumber: https://youtu.be/5-2hK6oqWng

Comments

Popular posts from this blog

MAZHAB – MAZHAB DASAR TEORI PERUBAHAN

Tulisan ini dibuat oleh : Muh Rosyid, S.Pd.,M.M.Pd. Teori dan praktek managemen perubahan melibatkan banyak disiplin serta tradisi ilmu – ilmu sosial. Managemen Perubahan bukanlah suatu disiplin ilmu terpisah dengan batasan-batasan kaku yang terdefinisikan dengan jelas. Masalahnya kemudian semakin dipersulit lagi karena kesalingterkaitan ilmu-ilmu sosial itu sendiri. Misalnya, teori pembelajaran, yang membantu kita memahami perilaku mereka yang mengelola perubahan, tidak dapat dilepaskan sepenuhnya tanpa kita mengacu ilmu psikologi. Ada tiga mazhab pemikiran sebagai pembentuk fondasi untuk bersandarnya teori-teori managemen : Mazhab Perspektif Individual Pedukung mazhab ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu : Psikolog Behavioris Memandang perilaku sebagai hasil interaksi seseorang dengan lingkungannya. Bagi Behavioris, semua perilaku dipelajarai dan dalam mewujudkan perubahan organisasi dengan cara mengubah stimuli eksternal yang mampu mempengaruhi individ

DRAMATURGI (Erving Goffman)

Erving Goffman , lahir di Alberta, Canada pada 11 Juni 1922. Mendapat gelar S1 dari Univ. Toronto menerima gelar doctor dari Univ. Chicago. Beliau wafat pada tahun 1982 ketika sedang mengalami kejayaan sebagai tokoh sosiologi dan pernah menjadi professor dijurusan sosiologi Univ. Calivornia Barkeley serta ketua liga Ivy Univ. Pennsylvania. Erving Goffman, dianggap sebagai pemikir utama terakhir Chicago asli (Travers, 1922: Tselon, 1992); Fine dan Manning (2000) memandangnya sebagai sosiolog Amerika paling berpengaruh di abad 20. Antara 1950-an dan 1970-an Goofman menerbitkan sederetan buku dan esai yang melahirkan analisis dragmatis sebagai cabang interaksionisme simbolik. Walau Goffman mengalihkan perhatiannya di tahun-tahun berikutnya, ia tetap paling terkenal karena teoridramtugisnya. Pernyataan paling terkenal Goffman tentang teori dramaturgis berupa buku Presentation of Self in Everyday Life, diterbitkan tahun 1959. Secara ringkas dramaturgis merupakan pandangan tentang kehidupa

Teks Wirid Dzikrul Ghafilin

ذكر الغافلين للشيخ حميم جزولي كديري تحت كتابة الشيخ أحمد صديق جمبير الى حضرة النبى المصطفى سيدنا ومولانا محمد صلى الله عليه وسلم ……….. وثمّ الى حضرة سيد الشيخ عبد القادر الجيلانى ……………. وسيد الشيخ ابى حامد محمدن الغزالى …. وسيد الشيخ الحبيب عبد الله بن علوى الحداد رضى الله عنهم ………… وثم الى حضرة الشيخ عبد الحامد بن عبدالله عمر فاسروان والشيخ احمد صديق جمبر والشيخ دلهار واتوجوعول كونوع فريع والشيخ عبد الحامد كاجوران ماكلاع والشيخ منظيرماعون سارى عانجوك والشيخ حميم جزولى (كوس ميك) غفرالله لنا ولهم الفاتحة بسم الله   الرحمن الرحيم، الحمد لله رب العالمين، الرحمن الحيم، مالك يوم الدين، اياك نعبد واياك نستعين، اهدنا الصراط المستقيم، صراط الذين انعمت عليهم غير المغضوب عليهم ولاالضالين، امين   x100 دعاء فاتحة بسم الله الرحمن الرحيم . الحمد لله رب العالمين ،حمدايوافى نعمه ويكافى مزيده ، اللهم صل على سيدنا محمد وعلى اهل بيته وسلم ،اللهم انى اساءلك بحق الفاتحة المعظمة والسبع المثانى ان تفتح لنا بكل خير وان تتفضل علينا بكل خير وان تجعلنا من اهل الخير وان تعاملنا معاملتك